Jumat, 11 September 2009

hanya dalam 2,5 tahun masa kepemimpian, rakyat mencatatnya sebagai khalifah (pemimpin) islam yang sukses memberantas kemiskinan, menciptakan stabilitas sosial politik, serta solidaritas kemanusiaan yang tanpa batas. Sekalipun dia pedagang kaya, tetapi kesederhanaan dan kelembutan kepribadiannya selalu mendasari setiap kebijakan dan kepemimpinannya sebagai pengganti Rasulullah SAW.
Abu Bakr bernama lengkap Abdullah bin Kuhafah Al-Tamimi. Nama kecilnya adalah Abdul-kabah. gelar Abu Bakr diberikan Rasulullah karena...

cepatnya dia masuk Islam (al- sabiqun al-awwalun, yakni golongan pertama yang masuk islam). Sedang Al-Shiddiq yang berarti "amat membenarkan" adalah gelar yang diberikan kepadanya lantaran dia segera membenarkan Rasulullah SAW dalam berbagai peristiwa.
sejak kecil, Abu Bakr dikenal sebagai anak yang cerdas, sabar, jujur, dan lembut. Dia menjadi sahabat Nabi SAW sejak keduanya masih usia remaja. Karena sifatnya yang mulia itu, dia banyak disenangi dan disegani oleh masyarakat sekitar, juga lawan maupun kawan saat memperjuangkan islam . Abu Bakr yang juga mahir dalam ilmu hisab itu, dikenal mempunyai kedudukan istimewa disisi Nabi SAW. Bahkan salah satu putrinya, yakni Aisyah r.a., kemudian dinikahinya Rasulullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar